Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate

Bagi pelamar kerja pasti akrab dengan Curiculum vitae (CV), resume, surat lamaran kerja, dan cover letter. Berkas-berkas ini sangat diperlukan untuk proses melamar pekerjaan, banyak orang masih menganggap bahwa surat lamaran sama dengan cover letter. Walaupun juga berperan sebagai surat pengantar, kedua dokumen tersebut ternyata beda.

Tujuan dibuat cover letter dan surat lamaran kerja untuk menjadi jembatan atau menjadi media perantara antara perekrut dengan pelamar kerja. Surat pengantar tersebut dikirim bersama CV dan dokumen pelengkap lain.

Sebelum membaca CV, HRD atau perekrut akan membaca lebih dahulu surat pengantar dari pelamar baik bentuk cover letter atau surat lamaran kerja. Yang membuat kedua dokumen ini berbeda adalah dari segi isi. Mari dipahami perbedaan dari cover letter dan surat lamaran kerja.

 

Perbedaan Surat Lamaran Kerja dan Cover Letter:

  1. Tujuan

Pelamar membuat surat lamaran kerja dialamatkan pada sebuah perusahaan atau instansi dengan tujuan Anda melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi tersebut. Surat ini dilampirkan dengan berkas lamaran kerja lainnya saat lowongan pekerjaan sedang dibuka. Sementara cover letter dibuat pelamar guna menunjukkan minatnya bekerja di posisi tertentu, berbeda dengan surat lamaran kerja, cover letter bisa dikirimkan guna melamar pekerjaan walaupun belum ada lowongan pekerjaan.

 

  1. Fokus

Fokus surat lamaran kerja adalah menunjukkan minat seseorang kepada suatu lowongan, oleh sebab itu pelamar diperbolehkan menuliskan argumen supaya rekruter yakin untuk mempertimbangkan dan menerima lamarannya. Sedangkan fokus dari cover letter adalah mengidentifikasi pelamar sebagai pengirim lamaran, cover letter lebih banyak dipakai ketika mengirim lamaran pekerjaan secara digital. Biasanya cover letter disematkan di body email sebagai pengantar.

 

  1. Isi Surat

Surat lamaran kerja biasanya terdiri dari tiga bagian, paragraf pertama umumnya diisi dengan perkenalan diri dan tujuan pelamar. Di paragraf kedua isinya penjelasan kualifikasi sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Jelaskan prestasi pencapaian, dan keterampilan, atau keahlian pelamar untuk mendapat perhatian rekruter. Di paragraf terakhir adalah menyampaikan minat serta harapan untuk dapat bergabung di perusahaan tujuan pelamar, dijelaskan juga bagaimana pelamar mampu berkontribusi untuk perusahaan.

Sedangkan cover letter, pelamar wajib memberikan informasi kontak lengkap untuk penerima dokumen yang dilengkapi sejumlah kalimat yang mendeskripsikan materi. Umumnya cover letter lebih panjang dari surat lamaran kerja.

Cover letter biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan walaupun perusahaan atau instansi belum membuka lowongan sama sekali, tapi beberapa perusahaan meminta pelamar untuk membuat cover letter daripada surat lamaran kerja.

 

Bagi yang masih bingung untuk membuat cover letter berikut contoh yang bisa diikuti sebagai panduan:

 

Yang terhormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama perusahaan],

Lewat surat ini, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar pekerjaan sebagai [posisi] di [nama perusahaan]. Adapun, saya menemukan informasi mengenai lowongan pekerjaan ini di [tempat Anda menemukan informasi].

Saat ini, saya sedang bekerja di [nama perusahan] sebagai [jabatan] selama [waktu kerja].

Dalam kurung waktu [waktu kerja] saya bekerja di bidang ini, saya diberikan kesempatan untuk terlibat di berbagai projek. Beberapa di antaranya adalah [sebutkan nama kegiatan dan jelaskan apa yang Anda lakukan].

Selain itu, saya juga mendalami ilmu dan keterampilan yang saya miliki dengan mengikuti workshop [kegiatan pengembangan diri yang pernah Anda ikuti].

Saya yakin bahwa pengalaman dan kemampuan yang saya punya dapat menjadi aset dan bermanfaat bagi perusahaan Anda. Sebagai seorang pekerja keras yang gigih, saya yakin saya dapat beradaptasi dan melakukan pekerjaan sesuai dengan standar perusahaan Anda.

Terlampir adalah salinan resume dan portofolio yang dapat menjadi pertimbangan dari latar belakang dan keterampilan saya.

Jika Bapak/Ibu ada pertanyaan atau membutuhkan detail mengenai informasi apapun, silakan hubungi saya di [nomor telfon] atau melalui email [email Anda].

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang sudah diberikan. Besar harapan saya untuk dapat berbicara dengan Anda di lain kesempatan.

Hormat saya,

 

[nama Anda]

 

Sekian ulasan tentang perbedaan dari cover letter dan surat lamaran kerja lengkap dengan contoh cover letter yang bisa jadi panduan anda dalam membuatnya.

By taufiq