Daftar Tanaman Herbal Alami untuk Asam Lambung yang Sering Kambuh

Saat asam lambung naik pastinya sangat membuat penderitanya tidak nyaman. Asam lambung yang tinggi biasanya akan menimbulkan gejala, seperti heartburn (sensasi panas terbakar di bagian dada), mulut terasa asam maupun pahit, dispepsia, sakit tenggorokan, batuk kering, hingga perasaan seperti ada cairan ataupun makanan yang bergerak menuju ke kerongkongan. Agar hal ini tidak sering terjadi, melakukan cara pencegahan adalah langkah yang tepat.

Asam lambung naik bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa dipicu oleh faktor stres, mengonsumsi makanan yang pedas ataupun asam, dan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, langsung berbaring setelah makan, kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol, dan masih banyak lagi. Jika Kamu sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab asam lambung naik, sebaiknya hindari kebiasaan yang kurang sehat tersebut.

Jika Kamu saat ini sedang mengalami asam lambung naik, sebaiknya segera diobati agar gejalanya tidak semakin parah. Kamu bisa mengkonsumsi obat asam lambung yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek. Alternatif lainnya, Kamu juga bisa memanfaatkan tanaman herbal untuk obati asam lambung yang sedang kambuh. Ada banyak sekali tanaman herbal yang bisa digunakan untuk meredakan asam lambung naik, antara lain:

 

1. Lidah buaya.

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa sari lidah buaya yang dimurnikan dan dihilangkan warnanya sangat ampuh untuk meredakan gejala asam lambung. Kamu bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus untuk meredakan gejala saat asam lambung naik. Penggunaan lidah buaya ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.

2. Temulawak.

Kandungan kurkumin, minyak atsiri, pati, selulosa, dan mineral dalam temulawak sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh adalah sebagai obat maag yang efektif. Hal ini lantaran selulosa pada temulawak membantu proses pencernaan menjadi semakin baik.

3. Mentimun.

Kerap digunakan sebagai pelengkap makanan, nyatanya timun juga berkhasiat untuk pengobatan, terutama untuk meredakan asam lambung. Di dalam buah mentimun terkandung vitamin B, vitamin C, saponin, cucurbitacin, isoquercitrin, karoten, asam amino, kalsium, fosfor, dan enzim pencernaan.

4. Pepaya.

Serat pada buah pepaya sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu enzim papain di dalamnya juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan meredakan gejala asam lambung, seperti heartburn.

5. Kunyit.

Kunyit banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan pembuatan jamu tradisional. Namun selain itu, ternyata kunyit juga memiliki khasiat untuk meredakan asam lambung. Kamu bisa menumbuk kering kunyit hingga menjadi bubuk, kemudian menyeduhnya sebanyak 1/2 sendok teh ke dalam air hangat untuk dikonsumsi. Untuk pengobatan dengan kunyit sebaiknya secukupnya saja. Karena mengkonsumsi kunyit secara berlebihan bisa memicu diare, mual, dan alergi pada kulit.

6. Pala.

Pala banyak dikenal sebagai rempah-rempah yang berkhasiat untuk pengobatan penyakit. Untuk penderita asam lambung, Kamu bisa memanfaatkan biji pala untuk meredakan asam lambung ketika sedang kambuh.

7. Madu.

Madu terkenal sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari madu adalah bisa mencegah asam lambung naik. Caranya dengan cukup mengonsumsi satu sendok teh madu sebelum makan dan sebelum tidur.

Itu tadi beberapa tanaman herbal dari alam untuk asam lambung kambuh yang bisa dimanfaatkan khasiatnya. Untuk meredakan asam lambung yang naik dengan cepat, Kamu juga bisa mengkonsumsi Promag Double Action. Obat Promag yang satu ini mengandung calcium carbonate dan magnesium hydroxide yang mampu bekerja untuk menetralkan asam lambung.

Sedangkan untuk kandungan acid blockers-nya (Famotidine) akan membantu mengurangi produksi asam lambung lebih lama dibandingkan dengan obat biasa. Kamu bisa mengkonsumsi Promag Double Action 2 tablet per hari, yaitu masing-masing 1 kali sebelum makan siang dan makan malam. Pastikan saat minum Promag untuk mengunyahnya dulu, baru menelannya dengan air.