Intip Gaji Pemain Futsal Indonesia, Besarannya Bisa Bikin Auto Kaya!

Besaran upah pemain futsal Indonesia terakhir banyak jadi pertanyaan di kelompok pencinta futsal Indonesia. Masalahnya futsal yang makin besar di Indonesia membuat beberapa orang memiliki cita-cita menjadi pemain futsal professional.

Dari jumlahnya kemauan untuk ikut rasakan dunia futsal professional itu yang menggerakkan pertanyaan berkaitan besaran upah pemain futsal professional di Indonesia.

Untuk menjawab jumlahnya pertanyaan sekitar upah itu, satuina.com sudah lakukan sesion interviu dalam program Futsal Talk. Pada sesion interviu itu Imam Fauzy datang sebagai pembicara.

Imam Fauzy sendiri sebagai seorang pemain futsal professional senior yang telah turun ke dunia futsal Indonesia semenjak tahun 2009 kemarin. Oleh karenanya, kisah hidupnya di dunia futsal sudah tidak perlu disangsikan kembali.

Bicara masalah upah, Imam Fauzy menjelaskan kisah hidupnya sejak mulai awalnya memasuki dunia professional sampai sekarang dianya bermain sebagai pemain futsal senior.

Upah Pemain Futsal Indonesia Junior Menurut Imam Fauzy

Ditanyakan masalah upah awalannya pertama kalinya bermain di liga professional di tahun 2010, Imam Fauzy mengutarakan waktu itu dianya dibayar dengan mekanisme kontrak pembayaran per seri bermain.

Saat itu, Imam Memperoleh upah sejumlah 800.000 rupiah untuk tiap seri dimainkan. Nominal yang lumayan besar untuk waktu itu. Ditambah dianya bermain sebagai pemain junior untuk club baru, Cosmo Jakarta.

Saat disuruh memberi komentar masalah upah pemain junior sekarang ini, Imam juga mengutarakan jika upah pemain junior sekarang ini rerata telah sama dengan UMR, walau tidak tutup peluang ada juga pemain yang dibayar lebih rendah dibandingkan upah awalannya ketika bermain futsal dahulu.

Upah Pemain Senior

Meneruskan perbincangan, Imam Fauzy selanjutnya menjelaskan berkaitan upah yang terterima oleh beberapa pemain senior. Berdasar kisah hidupnya, Imam memperoleh peningkatan upah berarti ketika bermain dalam liga professional pada tahun ke-2 .

Di saat itu, Imam terima upah sejumlah 4.500.000 rupiah /bulan untuk kontrak bermain sepanjang satu musim. Di luar upah, Imam menjelaskan ada bonus bermain, dan ongkos transport yang diterima beberapa pemain.

Makin lama pengalaman bermain futsal, karena itu upah yang diterima akan makin naik. Hal itu juga dikatakan Imam Fauzy berdasar kisah hidupnya. Sampai sekarang, Imam Fauzy sudah bermain di gelaran futsal professional sepanjang sepuluh tahun. Di tahun ini, upah yang diterimanya ialah sebesar enam juta rupiah.

Di Luar itu, dalam kontrak yang mengikatnya, Imam menyebutkan ada uang bonus saat berhasil bawa kemenangan untuk club. 1x menang, dia akui mendapatkan tambahan upah sejumlah 1 juta rupiah.

Sebagai catatan , Imam Fauzy tidak bermain futsal secara full time. Dia mempunyai tugas lain selain bermain futsal.

Saat ditanyakan berkaitan pemain futsal yang bermain full time, Imam mengutarakan jika upah yang terima pastiĀ  lebih besar dibandingkan yang diterimanya sekarang ini. Terutama untuk beberapa pemain dengan cap tim nasional.

Dia menambah jika beberapa pemain tim nasional punyai upah yang lumayan besar di luar bonus dan uang fasilitas yang lain. Menurut dia, upah minimum untuk pemain futsal memiliki label tim nasional berada di range 11 juta rupiah tiap bulannya.

Walau cukup menarik, tapi masih tetap ada kualitas yang perlu ditunjukkan untuk memperoleh upah dengan nominal fenomenal itu. Menurut dia, peningkatan perform benar-benar punya pengaruh pada besaran upah yang hendak diterima beberapa pemain futsal.

Selainnya perform, persetujuan berkaitan upah pemain futsal Indonesia itu sudah pasti tergantung pada persetujuan di antara club dan pemain dan manajernya. Isi kontrak akan berlainan di antara satu pemain dengan pemain yang lain.

Di akhir sesion interviu, Imam Fauzy sampaikan bila memang memiliki cita-cita bermain di liga professional, pasti harus benar-benar. Pertajam kekuatan terus-terusan. Masalahnya sekali perform turun, karena itu seorang pemain futsal tidak kembali bernilai.

Untuk mendapatkan update informasi lebih lanjut mengenai futsal, sepakbola, hingga esport bisa kunjungi satuina.com