Ketoconazole adalah pengobatan topikal untuk infeksi jamur yang dapat diresepkan oleh dokter kulit. Obat ini juga dikenal sebagai kandungan dari sampo Nizoral A-D, yang digunakan untuk mengobati gangguan kulit seperti ketombe, dermatitis seboroik, pitiriasis versikolor dan panu. Ini pertama kali disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 1982 dengan nama merek tablet Ketokonazol 200 mg. Pada tahun 1984 tersedia dalam bentuk topikal yang dioleskan pada bagian kulit yang terinfeksi.

Salep Ketoconazole telah lama dianggap sebagai obat antijamur sistemik “lini pertama” karena efektivitasnya. Telah digunakan dalam pengobatan penyakit kulit seperti infeksi jamur pada kulit, tinea korporis, tinea kruris, tinea pedis, kandidiasis kutis dan tinea versicolor. Salep Ketoconazole juga efektif dalam mengatasi gatal-gatal pada kulit Anda akibat infeksi jamur, termasuk di selangkangan.

Meskipun merupakan pengobatan yang efektif terhadap infeksi jamur, banyak pasien mengeluh tentang efek sampingnya. Faktanya, beberapa dokter kulit memilih untuk tidak meresepkan Ketoconazole untuk infeksi jamur seperti panu karena potensi efek sampingnya yang merugikan.

Perawatan topikal umumnya dianggap lebih aman daripada obat oral, tetapi masih dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti terbakar, gatal dan dermatitis kontak. Obat yang dioleskan juga dapat diserap oleh kulit dan masuk ke aliran darah. Salep Ketoconazole adalah obat yang dapat menyebabkan beberapa interaksi dengan obat lain yang mungkin Anda gunakan secara bersamaan. Jika Anda menggunakan Salep Ketoconazole, Anda harus memberi tahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan oleh dokter lain). Dokter mungkin juga meresepkan obat tertentu saat Anda menggunakan Salep Ketoconazole.

Efek Samping Salep Ketoconazole

Salep Ketoconazole adalah obat yang dapat berinteraksi dengan obat lain yang mungkin Anda gunakan secara bersamaan. Penggunaan obat ini dapat menimbulkan efek samping mulai dari yang ringan sampai yang berat. Efek samping yang muncul seperti bengkak, gatal, iritasi, kering dan kemerahan pada daerah yang diobati. Jika efek samping yang terjadi berlangsung lama dan semakin parah, segera hubungi dokter Anda untuk mengatasinya.

Harga Salep Ketoconazole

Salep Ketoconazole bisa Anda beli di apotek online maupun offline tanpa resep dokter. Harga Salep Ketoconazole untuk gatal di selangkangan cukup terjangkau untuk Anda beli. Namun, harga dapat bervariasi tergantung di daerah mana tempat Anda membelinya. Sebelum Anda menggunakan Salep Ketoconazole, baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

By Mahmuda